Jumat, 13 Agustus 2010

Unsur-unsur Estetis Musik Tradisional

Estetika Nilai Seni Tradisional
1. Budaya Ontologis
       Salah satu hal yang mempengaruhi estetika musik di Indonesia adalah budaya ontologis. Bentuk budaya ini berawal dari datangnya masyarakat budaya barat ke Indonesia, yakni setelah masa Renaisans abad ke-15 dan ke-16 di Eropa. Dengan datangnya budaya barat itu, nilai-nilai barat pun mulai berkembang di Indonesia. Hal ini diawali dengan diberikannya pendidikan formal bagi pribumi.



Bentuk musik budaya ontologis yang terdapat di Indonesia dapat dilihat dari lagu-lagu yang berkembang pada masa sekarang ini. Lagu-lagu jenis pop yang dinyanyikan oleh banyak penyanyi itu biasanya tercipta dalam aturan yang telah dikembangkan dari akar musik klasik. Ada partiturnya, ada ketentuan dinamika yang jelas, dan sebagainya. 


2. Budaya Mistis
        Musik Indonesia juga dipengaruhi oleh estetika budaya mistis. Pada budaya mistis, manusia justru bersikap menyatu dengan alam. Hidup ini merupakan kesatuan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, antara manusia dengan dunia roh gaib, serta antara manusia dengan seluruh alam semesta ini. Dari sana manusia menemukan jati dirinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar